Kedung Lestari

Rabu, 22 November 2017

Pameran di Pekan Raya Kajen 2017

November 22, 2017 Posted by Admin No comments
 Pekan Raya Kajen merupakan hajatan besar yang digelar setiap tahun oleh Kabupaten Pekalongan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pekalongan. Perayaan hari jadi Kabupaten Pekalongan yang ke 395 tahun ini tampak berbeda dibandingkan sebelumnya, semula acara tahunan ini bernama Expo Kajen kini diganti menjadi Pekan Raya Kajen oleh Bupati Pekalongan Bapak Asip Kholbihi. Acara ini diikuti terdiri dari berbagai unsur Instansi, Lembaga lembaga, serta UMKM dan unsur lainnya.

Tahun ini, Bank Sampah Kedung Lestari turut memeriahkan stand yang berjajar di Pekan Raya Kajen kerjasama dengan Instansi DISPERKIMLH. Bank Sampah Kedung Lestari memamerkan dan menjual aneka kerajinan yang terbuat dari limbah plastik dan rol gulungan benang dibuat menjadi berbagai produk seperti keranjang tempat air mineral, tempat tissue, tempat pensil, vas bunga, tas, dompet, dan yang lainnya. Modal yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini sangat minim karena menggunakan limbah yang sudah tidak berguna lagi namun bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Bank Sampah Kedung Lestari memperoleh penjualan sekitar 700 ribu selama Pekan Raya Kajen berlangsung.

Tidak hanya menampilkan dan menjual kerajinan, Bank Sampah Kedung Lestari juga memperlihatkan bagaimana proses pembuatan kerajinan dari limbah plastik menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Antusias pengunjung juga banyak, terlebih anak-anak sekolah yang melewati stand mampir dan tertarik serta mencoba mempraktekkan langsung.

Harapan ke depan, setiap ada event atau kegiatan pameran Pemerintah ikut melibatkan Bank Sampah Kedung Lestari untuk ikut ambil bagian sehingga mengenalkan kepada masyarakat lain untuk bisa memanfaatkan sampah menjadi pundi-pundi rupiah.

0 komentar:

Posting Komentar